Dinamikaonline.com, Tangerang Selatan-Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam urusan pendidikan dengan melakukan pembangunan di SDN Pamulang Barat.
Dalam urusan pendidikan tersebut, mulai melakukan pembangunan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pamulang Barat yang dibangun dari 20 Juni 2022 lalu.

Kepala Bidang Bangunan pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Tangsel, Ihtiyan Hermansyah mengatakan pihaknya menargetkan RPJMD Kota Tangsel dalam urusan pendidikan.
“Kita melakukan pembangunan ini karena kondisi eksisting yang terdapat 8 ruang kelas dan 1 ruang guru, dengan kondisi apabila terjadi hujan area tengah kebelakang terendam air,” kata Ihtiyan pada saat diwawancara awak media  Senin (22/8).

Ia menambahkan dalam pembangunan ini, pihaknya akan merenovasi dan membangun 3 lantai yang berupa fasilitas untuk kenyamanan siswa dalam belajar.
“SDN Pamulang Barat terdiri dari 3 lantai yang berisi fasilitas-fasilitas berupa lobby, 24 ruang yaitu 16 ruang kelas, 1 ruang guru dan T.U, 1 ruang lab, 1 taman baca terbuka, dan 3 toilet,” tambahnya.
Dalam pembangunan ini, kata Ihtiyan, pihaknya menargetkan dalam jangka waktu 6 bulan, dimulai dari bulan Juni 2022. “Dari 20 Juni 2022 sampai dengan 28 Desember 2022,” ungkapnya.

Menurutnya, konsep tema dalam pembangunan SDN Pamulang Barat ini mempunyai konsep yang modern dengan tetap mempertahankan bangunan tropis.
“Konsep arsitektur pada sekolah ini adalah modern, tetapi tetap mempertahankan konsep bangunan tropis. Dengan mengaplikasikan masa bangunan solid-void atau atap jurai dan skylight sebagai pencahayaan alami. Untuk fasadenya sendiri memiliki tema Silhouette solid-void komponen bunga anggrek,” imbuhnya.

Selain melakukan pembangunan di SDN Pamulang Barat, Ihtiyan mengungkapkan pihaknya juga melakukan beberapa pembangunan di sekolah lain yang berada di Tangsel.
“Selain di sekolah tersebut, kita juga melakukan pembangunan di SDN Paku Jaya 01, SDN Pondok Jagung 04, SDN Paku Alam 01, SDN Serua Indah 01, SMPN 12 Tangsel, SMPN 24 Tangsel,” ungkapnya.

Disisi lain, Kepala Sekolah SDN Pamulang Barat, Jenanang mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dengan adanya pembangunan sekolah tersebut.
“Alhamdulillah banget ya dan saya mengucapkan terima kasih,” kata Jenanang saat ditemui di kantornya. Senin (22/8). Beliau bertutur masalah yang sering terjadi di sekolah tersebut yaitu banjir sampai dengan 70 cm.
“Sekolah ini memang rawan banjir, pernah sampai 70 cm, dengan adanya pembangunan ini ya alhamdulillah bener, ya semoga ini lancar dan bisa terhindar dari banjir,” ungkapnya.

Jenanang berharap SDN Pamulang Barat jadi semakin maju, yang tadinya orang tidak melirik tetapi dengan pembangunan seperti ini orang akan lebih melirik.
“Dari bentuknya saya juga udah senang banget ini, ya semoga siswa nya semakin bertambah banyak, tambah maju, kegiatan kita juga lebih enak. Warga disini menyambut gembira dengan adanya pembangunan ini” pungkasnya. (ADV)