MELANGGAR PP.NO.94 TH.2021 TENTANG PERATURAN DISIPLIN PNS, BISA DIPECAT.

Dinamika online.com 18/11/2022.

Mengulas sedikit Fropil SMP Negeri I Haurwangi yang beralamat di jalan Ramasari Desa Ramasari Kec.Haurwangi Kabupaten Cianjur.
Kepala Sekolah Erlina Rosinta M.Pd, M.M.Pd Oprator Yogi Nifi Zanili TU Mya Sumyati Guru Pengajar 41 orang, jumlah siswa 878 siswa laki laki 439, siswa perempuan 439 Kurikulum 2013. Status SMP Negeri.

Ralat berita ;
Sesuai Undang Undang No.40 th.1999 tentang Pers BAB.I Ketentuan Umum Psl 1 ayat 13 kekeliruan isi berita ini telah dibetulkan/diralat bahwa hj neti tidak pernah memberi informasi apapun ke dinamika dan untuk menjaga nama baik Hj Neti Wks SMPN I Haurwangi dan menjaga Citra nama baik Media Dinamika online.com yg tetap eksis di Jawa Barat dan Korwil Banten selama ini.

Dinamika online.com
Mengedepan praduga tak bersalah, mengadakan penelusuran terkait kasus dugaan selingkuh Erlina Kepala SMPN I Haurwangi selama ini. Kasus selingkuhan ini yang heboh menjadi Topik pembicaraan guru dan meluas Disdik dan Dewan Pendidikan Kab Cianjur mengetahuinya.

Dinamika mengunjungi rumah Nara Sumber 1 (disingkat NS.1), dinamika ditrima dengan baik, femilier dan berbincang bincang soal NS.1 katanya punya kasus Kepaka SMP yang diduga selingkuh untuk bisa dimuat di Dinamika online.com
Dinamika meminta agar NS.1 menjelaskan.kronologis kasus selingkuhan.itu dan NS.1 Memberi.keterangan.kpd Dinamika online.com bahwa pada awalnya Erlina ks SMPN 1 Haurwangi itu punya suami pertama (Atang) karyawan bak BJB Cianjur nikah resmi kantor, suami ada masalah dan dikeluarkan dari bank BJB Cianjur, Erlina minta diceraikan dan oleh Atang dicerai agama belum resmi cerai kantor, maka kata NS.1 bahwa status Atang masih suami syah Erlina. Ujarnya.
Masih kata NS.1 bahwa Erlina nikah lagi dengan seorang laki laki berinisial HAS kumpul berumah tangga selama 3 tahun, dan menurut NS.1 berarti Erlina nyandung (berpoligami) dalam tanda kutif Erlina selingkuh, ujarnya.
Selanjutnya NS.1 memberi keterangan kpd Dinamika, pada awal bln Oktober 2022 HAS menemui Erlina di SMP Negeri 1 Haurwangi, di kantor sekolah terdengar seperti ada percekcokan antara Erlina vs HAS, tak lama kemudian HAS keluar dari ruangan kantor sekolah, diluar sekolah mungkin HAS kesal, lalu HAS ceritra kepada guru2, HAS mengaku telah nikah sirih dengan Erlina berumah tangga 3 tahun dan Erlina mengajukan dicerai kepada HAS dan sudah dicerai tgl 17/9/22 habis idahnya Desember 2022 HAS minta rujuk.lgi tapi Erlina tetap minta cerai dan setekah ceritra HAS lalu pulang ke Cianjr
Setelah HAS pulang, guru lalu menemui Bks Erlina menanyakan benar tidak nya nikah surih dengan HAS itu, JAWABAN ERLINA TIDAK MENGAKU nikah sirih dengan HAS sampai sekarang, jika Erlina tdk mengaku nikah sirih dgn HAS, Erlina itu kumpul keno aluas jinah selama 3 tahun, ucapnya.
Masih kata NS 1 seminggu kemudian Ketua Dewan Pendidikan kab cianjur (Drs.Moch Ginanjar M.Ap) datang ke SMPN 1 Haurwangi diterima PKS (Pembantu Kepala Sekolah) sebab Erlina tidak ada dikantor, maka tidak lama lalu pak H.Ginanjar pulang ke Cianjur, ungkapnya.

Untuk pemberitaan yang berimbang terkait kasus Erlina ini, maka Dinamika melakukan penelusuran klarifikasi kepada fihak fihak terkait,
Pertama Dinamika datangi KS SMP Negeri 1 Haurwangi untuk klarifikasi berturut turut tiga hari, dimulai 14/11 namun kata Deden satpam Bks Erlina tidak ada di kantor sedang rapat di cianjur, jelasnya.
Dan esok harinya 15/11 Dinamika datang kedua kalinya untuk klarifikasi Bks Erlina tapi nihil tdk ketemu Erlina, dinamika diterima TU SMPN 1 juga Satpam, keteranfan TU bahwa Bks Erlina sdang rapat di Sukaluyu, TU minta wa Dinamika ia mau bantu jika besok 16/11 ketemu bks Erlina mau telp Dinamika, ucapnya. tapi besoknya 16/11/2022 sampe jam 11 siang belum ada kabar ke Dinamika sampe sore hari juga, ada wa dari TU sudah ditelp tapi belum ada jawaban dari Erlina, ujarnya TU.

Dalam tanda kutif Erlina selalu menghindar dari wartawan, dan Erlina seorang PNS pelayanan publik tidak baik, merusak CITRA PNS.

Padahal Profesi PNS masih jadi idaman banyak orang, bagaimana tidak, kehidupan hingga masa tua dijamin oleh negara.
Tapi PNS terikat peraturan salah satunya mengenai perselingkuhn ini, adalah perbuatan yg dinilai tak patut dilakukn oleh PNS yg seharusnya menjadi contoh yg baik bagi masyarakat, lebih2 Erlina sebagai kepsek harus memberi contoh yg baik kpada guru2 dan siswa SMPN 1 Haurwangi.

Pada kesempatan lain Dinamika klarifikasi kpd HAS yg pengakuannya telah nikah sirih Erlina selama 3 tahun
Dan HAS menginjak pensiun Erlina 17/9/22 mengajukan minta cerai dan Erlina telah menyiap kan surat pernyataan cerai yang dibuat sendiri telah ditanda tangani oleh HAS, masa idah bln Desember 2022, tuturnya
Dan HAS mengulas kelakuan Erlina sebelum nya identik sama yaitu suami pertama Atang karyawan bank BJB Cjr ada masalah Atang di keluarkan dari bsnk BJB dengan sepontanitas Erlina minta cerai kpada suami pertama Atang sudah cerai agams dan belum cerai resmi kantor. Jelasnya.
Dinamika terakhir kordinasi dan klarifikasi kepada Ktua Dewan Pendidikan Kab. Cianjur ( Drs. Moch Ginanjar.M.Ap) terkait kasus Erlina Ks SMPN 1 Haurwangi, pada prinsifnya Ginamjar menguatkan sesuai pengakuan HAS yang telah nikah sirih dengan Erlina, tegasnya.

Bahwa menurut Kepala Biro Humas dan kerjasm BKN (Satya Pratama) kpd CNBC Indonesia harus diberikan sanksi sesuai aturan pelarangan SELINGKUH ini tertuang dlm PP No.45 th 1990 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi PNS

Bahwa pelanggaran Jina /perselingkugan dan hidup bersama masuk dalam katagori pelsnggaran atau hukuman disiplin berat, dan sementara itu untuk sanksi pada PNS tertuang dalam PP No.94 th.2021 tentang peraturan disiplin PNS, Baleid ini juga digunakan sebagai dasar pemverian sanksi bagi PNS yg Jina atau selibgkuh adalah ;
1. Penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan.
2.Pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan.
3. Pemberhentian dgn hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Akhmad Basri. Ms Ka Wil Jawa Barat Media Dinamika Indonesia & Dinamika online.com
Dan Gusti Belaprisia.SH alias H. Aang Deden Dewan Penasehat media Dinamika online.com
Melakukan tetobosan dan berharap Kadisdik kab cianjur :
1. Erlina segera diganti oleh kepala sekolah yg baru baik, berbudi luhur dan yang jadi panutan guru2 SMPN 1 Hawai guna mengembalikan citra nama baik SMPN 1 Haurwangi ini.
2. Memberi sanksi kpd Erlina sesuai peraturan PP No.94 th.2021 tentang peraturan disiplin PNS.

Segala pertimbangan, keputusan penggantian Kepala SMPN 1 Hawai sepenuhnys wewenang Kadisdik kab Cianjur.

Ditulis : Ka Wil Jabar.