Dinamikaonline.com, Tangerang Selatan
Kegiatan yang dicanangkan oleh sekolah SMPN 6 Tangsel, mengusung tema “Program Sekolah Taman Pancasila”  perdana launching idenya dari dewan guru staff pengajar dan ketua pelaksana Taman Pancasila sekolah disini. Dengan tujuan untuk pembelajaran dan kepribadian karakter yang dinamis, modern, kreaktifitas juga menjadikan siswa/siswi yang mandiri, cerdas dan berakhlak berlandaskan azas dan filosofii pancasila. Berlokasi di lapangan aula SMPN 6 Tangsel semua siswa/i berkumpul bersama dari kelas 7,8,9 untuk mengikuti kegiatan tersebut secara outdoor, antusias dan penuh semangat. Berlokasi di: Komplek Villa Bintaro, Jl. Halmahera Blok D, Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414, Senin (17/10/2022).

Menurut Drs. Joko Budi Santosa M.Pd selaku kepala sekolah di SMPN 6 tangsel beliau menjelaskan, “kegiatan festival taman pancasila ini dikuti dari semua murid berjumlah 1300 orang, kegiatan ini kita buat semenarik mungkin sehingga menyenangkan dengan filosofinya agar semua siswa/i merasa senang, penuh permainan dan tanpa beban melaksanakannya. Sehingga dapat melestarikan budaya luhur bangsa dan bermasyarakat dalam rangka mengamalkan nilai-nilai pancasila. Taglinenya adalah “Pancasila Menjadi Jiwa dan Tindakanku” dan setiap bulannya pada tanggal 17 kita adakan pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai pancasila tersebut. Jadi kita isi kegiatan itu dengan senam, tauziah, ada bidang rohis, tahfidz juga penampilan siswa/i dari bakat mereka untuk kita gali agar tampil kedepan dari setiap kelasnya,” tegasnya.

Ditambahlkan sedikit oleh kep.sek SMPN 6 Tangsel Drs. Joko Budi Santosa M.Pd beliau berpesan dan berharap, “semoga dari festival sekolah taman pancasila yang kita adakan harapannya, kegiatan ini dapat melahirkan karakter dan pribadi yang kuat, mandiri juga cerdas. Nantinya kedepannya terbentuklah dari generasi kita atau anak muda ini nantinya memiliki profil pancasila. Dengan taglinenya “Pancasila Menjadi Jiwa dan Tindakanku”. Kalau kita mengambil akronim dari kegiatan tersebut, ini menjadi misi visi kita dari TAMAN PANCASILA diantaranya:
1. T=Taqwa (membina siswa/i disekolah tentang ketaqwaan agar bermanfaat dan bisa dijalani untuk kehidupan sehari-hari)
2. A=Attitude (menanamkan sikap-sikap kepada siswa/i untuk  sopan santun, disiplin, semangat dan sebagainya)
3. M=Mutu (kita akan tingkatkan mutu pendidikan disekolah ini, dengan metode pengajaran yang menyenangkan)
4. A=Asri (menjadikan sekolah kita asri, menjadi sehat, bersih, rapih, indah dilihat dan bila tamu yang masuk merasa betah dan nyaman)
5. N=Networking (artinya baik guru dan siswa/i disekolah akan kita jaring dan latih pembinaan untuk melatih kompetensi dari bidang masing-masing siswa/i yang di mliki potensi bakatnya)

Rencana saya kedepannya, “setiap tanggal 17 nanti, pastinya dari dinas terkait juga saya akan undang kesekolah kami, mungkin sebagai team penilai dan pembicara nantinya. Beserta orang tua wali murid akan kita libatkan hadir disini.

“Karena ini kan programnya baru perdana dan masih intern disekitar sekolah SMPN 6 Tangsel. Dari program kegiatan tersebut untuk jangka pendeknya kita agendakan setiap tanggal 17 perbulannya, Dan jangka panjangnya dari program kegiatan itu kita harapkan untuk dapat meningkatkan dan membekali siswa/i di sekolah tentang karakter, kepribadian, kemampuan akademik dengan slogan “Sekolah Taman Pancasila”.

Bahkan saya salut dengan kerjasamanya rekan-rekan sesama dewan guru staf pengajar lainnya, awal perdana pembiayaan sampai terlaksana itu atas biaya sendiri atau swadaya dari guru-guru dengan rekan mereka tanpa ada sponsored yang membantu, ini murni antusias dan semangat bersama, “ujarnya.

Harapan saya program ini kedepannya berkelanjutan, sehingga bisa membekali siswa/i dengan pencanangan dari program pemerintah yaitu membentuk lulusan yang memiliki profil pancasila. Yang terdiri dari 6 program falsafahnya dari (goal target pemerintah) diantaranya:
1. Beriman artinya bertakwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia
2. Mandiri
3. Bernalar Kritis
4. Kreatif
5. Gotong Royong
6. Berkebhinekaan Global (Menyeluruh)

Ditempat bersamaan saat di wawancarai oleh awak media kepada ketua pelaksana Sekolah Taman Pancasila SMPN 6 Adam Bahtiar S.Pd menerangkan, “Saya hanya menjabarkan saja dari yang sudah di jelaskan oleh kep.sek tadi bahwasanya kegiatan ini sangat luar biasa sekali, tujuannya untuk menampilkan talent-talent yang berbakat. Dan ini sudah saya programkan atau interpreneur, jadi kami berikan kesempatan untuk anak-anak berbisnis, karena ini kan mengawali mereka pembelajaran sejak kecil dari program profil pancasila, juga pencanangan program cerdas cermat kita gali dari program dan isi butir-butir pancasila itu.

Dan menurut saya ide ini sangat is the best briliant dari pimpinan kep.sek SMPN 6 Tangsel. Jadi kedepannya mudah-mudahan kita bisa mengundang dan punya sponsor dari corporate perusahaan yang ikut andil, Dengan upaya dan usaha saya berkat kerjasama dari teman-teman semuanya, nantinya saya meminta kepada orang tuanya yang bekerja di suatu perusahaan, baik dari perusahaan swasta, Bank, BUMN, bisa berkolaborasi dan berkontribusi untuk bekerjasama dengan SMPN 6 Tangsel dalam bentuk promo enterpreneur” harapnya.

Pesan penting utama dari kegiatan ini menurut Adam Bahtiar S.Pd yaitu, “untuk pembentukan karakter, sesuai dengan ideologi bangsa indonesia yang berbudi pekerti luhur sesuai pancasila. Saat sekarang ini tantangannya sangat luar biasa sekali, maka kita harapkan kedepannya anak-anak bisa menampilkan sosok dan figur dari tagline kita “Pancasila Menjadi Jiwa dan Tindakanku”, agar mereka bisa beretika berperilaku baik, sopan-santun. Dan kegiatan ini sudah dilaksanakan dari awal penyambutan dan juga masuk sekolah, dengan tetap melakukan prokes kesehatan semua sudah berjalan sampai saat ini. Kebersihan lingkungan sekolah dan kelas, seragam, attribut itu sekaligus berbenah dan utama. Menurut saya itu tujuan yang hakiki di amalkan dan dijalankan setiap hari oleh siswa/i kami disini, “tegasnya.

Diakhir penutup perbincangan Adam Bahtiar S.Pd menghimbau, “Mohon kepada semua pihak yang membantu disini, baik dari media cetak dan online juga Televisi dan masyarakat sekitarnya, sama-sama kita saling membantu dan mensupport kegiatan Sekolah Taman Pancasila ini, agar terus maju berkembang kedepannya. Bahwa program kegiatan ini sudah launching perdana di SMPN 6 Tangsel. Nantinya usaha kita kedepannya targetnya bisa sampai kesemua tingkat kota tangsel dan syukur-syukur ke tingkat propinsi bahkan nasional. Dan pesan moralnya kegiatan Sekolah Taman Pancasila disini semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk siswa/i semuanya, sehingga ada simulasi juga informasi terbuka dan pembentukan karakter yang positif, beretika dan sopan santun berperilaku tentunya untuk bekal mereka mengeksplore bakat potensi mereka. Dan kita terapkan program ini nantinya untuk Adiwiyata, Alhamdulillah kita sudah mendapat rujukan dan sudah lolos adiwiyata setangsel di sekolah SMPN 6 ini. Semoga harapan kami semua dari pimpinan dan dewan guru berharap sekolah ini menjadi Top Leader (leadership) on target kedepannya sampai setangsel, bahkan sampai nasional atau internasional, “pungkasnya. (Gito Rahmad)