PENDIDIKAN

SDN 04 Kunciran Kota Tangerang Gelar Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Dinamikaonline.com, Kunciran-Kota Tangerang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, maulid sama halnya dengan milad yang diambil dari bahas arab yang artinya hari lahir. Jadi, maulud bisa diartikan sebagai hari lahirnya nabi Muhammad saw. Seperti hari kelahiran pada umumnya yang dirayakan dengan ulang tahun atau birthday, maulid nabi dirayakan dengan tujuan memperingati ulang tahun kelahiran tokoh besar umat Islam, yaitu baginda rasullullah nabi Muhammad saw. Kegiatan bertempat di SDN Kunciran 04, Jl. Pepabri Raya Blok B14 No.11, RT.001/RW.011, Kunciran, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15144, di aula lapangan sekolah dari pukul 07.30 wib s/d selesai, Sabtu (22/10/2022).

Nampak hadir diantaranya Kep.sek SDN 04 Kunciran Hj. Jumaelah M.Pd, Ketua PGRI Cabang Kec. Pinang Romlih S.Pd, Pengawas dan UPTD Pendidikan Korwil Pinang H. Yusuf S.Pd, MM, Ustad Ahmad Lutfillah Arsyad, POMG, Ketua Komitee I Gede Pasek Putra Yasa, Korlas, Dewan guru dan Staf pengajar juga masyarakat setempat.

Dijelaskan oleh Hj. Jumaelah M.Pd kep.sek SDN Kunciran 04 terkait kegiatan acara ini beliau menjelaskan, “Alhamdulillah kegiatan ini kita adakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kota tangerang khususnya kecamatan Pinang, dan kita adakan untuk siswa/i dalam hal bidang keagamaan terutama tauziah. Dilaksanakan atas kerjasama POMG orang tua murid dan ketua komitee yang kita canangkan program-program tersebut jauh hari sebelumnya dan akhirnya terlaksana juga kegiatan maulid nabi ini. Berkat dukungan mereka semua dana yang kita kumpulkan secara swadaya dan mandiri untuk terwujudnya acara bersama-sama. Kami disini memiliki jumlah murid lumayan banyaklah, karena disini sebenarnya merger/gabungan dari SDN Kunciran 04 dan Kunciran 06 sebanyak 886 orang siswa/i dan didukung oleh tenaga pendidik serta terdidik dari staf pengajarnya sebanyak 58 orang dari 28 PNS sisanya THL, juga honorer tenaga ahli dari staff pengajarnya itu.
Harapan saya, “mudah-mudahan ini menjadi jembatan dan progress untuk awal kedepannya agar semua program dari kalender pendidikan sekolah kami dapat terlaksana sesuai harapan saya, “jelasnya.

Mutu pendidikan yang saya terapkan di era digitalisasi modern yakni, “kami bekerjasama dengan POMG, orang tua murid dan ketua komitee menganjurkan ke anak-anaknya agar diarahkan untuk mengikuti berbagai kursus misalnya kursus komputer dan sebagainya. Tetapi dengan kursus komputer supaya mereka dapat mahir dan tidak ketinggalan kemampuan komputernya dengan sekolah-sekolah lainnya biar ga gaptek dengan teknologi saat ini. Karena sudah 2tahun ini anak-anak kelas 5 sudah mengikuti kegiatan ANBK di ruangan kelas lab komputer kami.

Pesan Hj. Jumaelah selaku kep.sek SDN Kunciran 04 mengatakan, “semoga dengan adanya kegiatan ini kedepannya, sikap dan sifat anak-anak ini menuju kearah yang lebih baik juga positif, Mengingat 2tahun yang lalu saat covid-19 sifat anak-anak sangat berkurang, jadi semoga dengan acara ini mereka menjadi jauh lebih baik untuk bekal mereka kedepannya. Dan saya juga berharap di jangka panjangnya dengan momen yang ada di tahun ini untuk PHBI dan PHBN, inginnya kegiatan itu semua bisa diperingati terus dilaksanakan, mengingat situasi kondisi dan peranan orang tua murid yang berperan aktif, kita seh sebagai sekolah hanya mensupport dan membantu merealisasikan saja. Dan jangka pendeknya setiap hari jumat kita mengadakan kegiatan keagamaan seperti kerohisan dan sholat dhuha bersama, “ujarnya.

Saat awak media dari dinamikaonline.com menanyakan perihal kegiatan maulid nabi muhammad saw kepada ketua panitia pelaksana Aan Komalasari S.Ag selaku guru honorer bidang agama islam di SDN 04 Kunciran beliau berujar,” ini merupakan perdana yang kami adakan maulid ini di sekolah kami, sebelum adanya pandemic covid-19 yang membuat vakum, sebenarnya kegiatan ini sudah kita adakan rutin setiap tahunnya. Semenjak hampir 2tahun itulah mereka sibuk dengan figur dan hoby sendiri yang dibekali dengan gadget handphone sehingga lupa dengan figur sesungguhnya yang jadi tauladan mereka.” saya tentunya berharap dengan kegiatan peringatan maulid nabi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan inginnya anak-anak dapat mencontoh dari sifat dan sikap suri tauladan figur nabi muhammad saw. Misalnya tentang akhlak dan kepribadiannya yang rendah hati sehari-hari dan kemuliannya yang agung dan suci ada pada dirinya. Satu hal yang harus dilakukan dan diterapkan sehari-hari buat umat Muslim khususnya agama islam disaat ketika merayakan maulid nabi agar dapat mencontoh dan menirunya, “ujarnya.

Pesan saya, “Dijaman yang serba modern, apalagi di era globalisasi yang serba canggih mereka boleh mengenal figur yang di banggakan diluar sana, tetapi jangan lupa mereka harus mempunyai pondasi yang kuat, agama yang kuat. Dan figur apapun itu semuanya kita sebagai orang islam harus dan wajib untuk menjadikan contoh idolanya tetap baginda kita nabi muhammad saw. Dan saya mengucspkan terima kasih juga kepada semuanya, dari kep.sek, ketua komitee, dewan guru, orangtua murid, teman-teman semuanya yang turut membantu, dan alhamdullillah acara terlaksana berjalan lancar sampai saat ini. Terutama buat kep.sek yang sangat merespon positif dan antusias sekali mensupport kegiatan ini demi kemajuan bersama di SDN 04 Kunciran, “ujar ketua panitia pelaksan acara.

Ditempat bersamaan kepala korwil UPTD Pendidikan Kec. Pinang, kota tangerang, H. Yusuf S.Pd, MM menjelaskan, “Dengan adanya kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan di SDN 04 Kunciran, dalam rangka pemulihan dan membangun mental siswa/i dengan moto kota tangerang “Bangkit Lebih Kuat Pulih Lebih Cepat” mendorong serta untuk membangkitkan karakter dari anak-anak. Karena sudah lama terpuruk akibat pandemic covid -19. Pembelajaran jarak jauh tidak bisa memberikan pembiasaan karakter dan akhlak dan ibadah mereka. Dengan maulid inilah momentnya bisa memperbaiki, karakter dan mental anak-anak dalam hal akhlaknya. Sehingga dengan PTM langsung ini dapat berjalan dengan baik dan membangun karakter mental anak-anak dan bangsa kita,”tegasnya.

Diakhir penutup korwil UPTD Pendidikan Kec. Pinang H. Yusuf S.Pd, MM berharap, “untuk mutu pendidikan yang harapkan untuk program jangka panjang dan pendek kita kedepannya memiliki program untuk  membentuk dan memulihkan karakter dan mental anak-anak bangsa ini berbudi luhur dan mulia. Dengan kurikulum merdeka kita rancang supaya seluruh guru-guru di korwil kec. Pinang, kota tangerang agar melaksanakan dan mengamalkan profil pancasila yang ada 6 aspek itu untuk jangka panjangnya. Dan terakhir jangka pendeknya membina guru dalam rangka pembelajaran PTN yang sudah lama dijalankan, “pungkasnya. (Gito Rahmad/Lucky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button