IPAL (INTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) ADALAH SARANA UNTUK MENGOLAH LIMBAH AIR DARI TOILET.

Jawa Barat, 16/12/2021 Media Dinamika.

Limbah rumah tangga dalam lingkungan khusus dari toilet, terdapat berbagai cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah limbah air rumahtanggs, salah satu nya dengan IPAL (Intalasi Pengolahan Air Limbah).
IPAL adalah sarana untuk mengolah limbah air / limbah dari toilet, dari air cuci/kamar mandi.

IPAL yang sangat dikenal oleh masyarakat luas adalah IPAL untuk limbah toilet atau lebih dikenal juga dengan sebutan SEPTIC TANK.

Melalui Satuan kerja Infratuktur berbasis masyarakat, Direktur Pengembangan Pengelo laan Lingkungan Pemuki man Kementrian PUPR , Pemerintah membantu masyarakat berpenghasi lan rendah dengan terbangunnya IPAL Komunal di berbagai daerah padat perkotaan di Indonesia.

IPAL dibangun secara Komunal yang mengakomodir 70 KK atau setara dengan 350 jiwa dalam setiap hektar nya dan dioperasikan secara swadaya oleh masyarakat Penerima Mamfaat Komponen IPAL.

Komunal terdiri dari : unit Pengolah Limbah, jaringan perpipaan, (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan pipa dari rumah kerumah warga.
Dengan begitu , IPAL yang terbangun akan memiliki fungsi.

Membantu mitigasi persoalan gangguan kesehatan, dengan adanya IPAL yang sesuai dengan standar, air bersih dapat tergindar dari bakteri dan kuman seperti E.Coli.

Memitigasi persoalan lingkungan yang lebih buruk. Dengan adanya IPAL, sumber sumber air bersih dapat terjaga kualutasnya, sebagai bahan baku pengolahan air bersih selanjutnya.

Dari segi estetika dan keindahan, IPAL membantu mengisolasi bau dan meminimalkan pemandangan yang tidak elok dilihat.

Banyak IPAL yang sudah dibangun, di kreasikan sedemikian rupa dengan menghadirkan berbagai sarana lain yang bermamfaat bagi masyarakat dengan me nyematkan warna warni yang menarik.
Pada akhirnya IPAL memiliki banyak fungsi yang bisa dimamfaatkan oleh masyarakat dan juga IPAL dapat mempercantik lingkungan.

Warga masyarakat perlu menyadari, bahwa limbah rumah tangga me miliki dampak yang buruk bagi lingkungan.
Tetapi banyak orang tidak menyadari besarnya pengaruh limbah rumah tangga ter hadap kehidupan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Diantaranya bila warga menyalurkan limbah rumah tangga ke alam bebas tanpa melalui proses pengolahan akan membawa dampak buruk yang berkepanjangan bagi keberlangsungan hidup ekosistem.

Ditulis oleh : Akhmad Basri. Ms Ka Wil Jabar Media Dinamika Indonesia.