SOSIAL

Penyerahan BLT Desa Panawa Kec. Pamulihan Kab. Garut

Garut, Pewaris Padjadjaran.com

Akibat Pendemi COVID-19 yang melanda Negeri ini, banyak dampak yang di rasakan masyarakat, terutama terkait perekonomian masyarakat oleh karena itu Desa Panawa Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, telah menyerahkan Bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebanyak 252 KPM dengan jumlah nominal Rp.600rb/ KPM Kepada Masyarakat Desa Panawa untuk 3 bulan kedepan.

Menurut Kepala Desa Panawa Eman Sulaeman mengatakan, bahwa Ia menyampaikan kepada seluruh Masyarakat Desa yang menerima Bantuan langsung Tunai Dana Desa ini, benar-benar di manfaatkan sesuai kebutuhan masyarakatnya.

“Mengingat kita belum tau sampai kapan dampak dari Pandemic Covid 19/ virus Corona ini akan berahir, Bantuan langsung Tunai ini diberikan kepada Warga miskin yang belum menerima PKH, maupun yang belum menerima Bantuan  Pangan Non Tunai (BPNT),” Ucapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Kecamatan Pamulihan , Babinsa, babinkamtibmas, P3MD, BPD, Pendamping Desa, petugas dari perwakilan kemensos, seluruh perangkat desa, tokoh masyarakat, dan segenap peserta penerima bantuan BLT DD.

Masih menurut Eman mengatakan bahwa, “Disamping penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemic covid-19 dari sumber BLT Dana Desa dengan total penerima sebanyak 252 KPM dengan nominal tunai Rp.600rb/KK, diterangkan juga sebelumnya sudah disalurkan bantuan-bantuan sosial dari berbagai sumber lainnya, seperti bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Garut dan desa Panawa menerima jatah sebanyak 10 KPM,  lalu sebanyak 89 KPM bantuan dari Pusat yang pada penyalurannya telah dilaksanakan pada bulan Mei lalu.” Terangnya.

“Selain bantuan tersebut ada lagi bantuan yang sudah tersalurkan yang bersumber dari Bantuan Sosial Provinsi untuk 250 KPM di Desa Panawa, bantuan tersebut berupa paket sembako senilai nominal 350 ribu dan uang tunai sebesari Rp.150 ribu. Penyaluran bantuan dari Provinsi dilaksanakan pada bulan Mei dengan melibatkan PT. Pos sebagai lembaga penyalur yang ditunjuk pemerintah.” Imbuhnya.

Kata Eman,”Sebelum bantuan dari pemerintah turun dirinya lebih dulu menyalurkan bantuan kepada warga desa Panawa berkat terobosannya mengajak atau bekerjasama dengan perusahaan yaitu PT. Arkora Hidro yang ada di wilayah Panawa untuk bisa peduli memberikan bantuan paket sembako guna meringankan beban hidup masyarakat Panawa dan hasilnya sebanyal 1200 Paket sembako telah disalurkan.”Ujarnya.

Selanjutnya sewaktu ditanya mengenai prestasi yang telah diraih oleh Desa Panawa yang paling berkesan dan bisa dibilang membanggakan khususnya Pemdes Panawa umumnya nama Kabupaten Garut Eman menuturkan bahwa, Desa Panawa pernah mendapat undangan resmi dari Bapak Presiden Ir. Joko Widodo ke Istana Negara sebagai duta perwakilan Garut yang membahas tentang Rembug Nasional dan hanya Desa Panawalah salah satunya.

“Saya bangga sebagai desa dengan wilayah paling ujung dengan kondisi jalanan sulit dan terisolir bisa bertemu dan berjabat tangan langsung dengan Bapak Presiden.” Urai Eman penuh keharuan.

Lanjut Eman,” Desa Panawa selalu menjadi juara dan mendapatkan Piala serta Piagam penghargaan sebagai salah satu Desa tercepat dalam pengumpulan Pajak di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut.

Diakhir acara Eman berharap, “Semuanya bisa menjadi sejarah dan pemicu bisa lebih berprestasi lagi bagi kemajuan desa Panawa kedepan karena, kepemimpinannya tidak akan selamanya, dan juga mudah-mudahan bencana Pandemi Covid 19 ini segera berakhir hingga situasi kembali normal dan masyarakat bisa beraktifitas kembali.” Pungkasnya. (Lena/ Domo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button