Dinamikaonline.com, Tangerang Kota-Karang Tengah-Ciledug

Peringatan maulid nabi Muhammad SAW selalu dinanti-nanti oleh semua umat islam di penjuru dunia untuk memperingatinya khususnya di indonesia muslim terbesar di penjuru dunia. Makna Maulid Nabi Muhammad adalah sebagai pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi serta momentum penyemangat untuk menyatukan semangat dan gairah keislaman.

Di masa sekarang peringatan ini menjadi perayaan besar yang diselenggarakan oleh banyak umat di seluruh dunia. Dalam Peringatan Maulid Nabi (Tinjauan Sejarah dan Tradisinya di Indonesia) yang ditulis Moch Yunus disebutkan bahwa Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam beberapa waktu setelah Nabi Muhammad wafat.

Bertempat di lokasi SDN Karang Tengah 08, Kota Tangerang, tepatnya di aula lapangan sekolah, diadakanlah kegiatan maulid nabi muhammad saw, pada hari Sabtu (15-10-2022) tepatnya pagi hari jam 07.00 s/d selesai acara.

Mulyadi S.Pd selaku kepala sekolah juga membenarkan, saat ini memang lagi ada kegiatan acara maulid nabi SAW yang dilaksanakan disekolahnya. Dan bersiap-siap untuk menunggu waktu dalam memberikan arahan dan ceramahnya kepada para tamu undangan yang datang.

Nampak hadir para tamu undangan diantaranya Mulyadi S.Pd selaku kepala sekolah SDN 08 Karang Tengah, Pendongeng sekaligus pendakwah Mulyana Abu Fauziah disapa “Kang Yana”, komitee, korlap dan korlas, para staf guru dan wali murid. Kegiatan maulid nabi saw bertema” Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW”.

Saat awak media dinamikaonline.com memintai keterangan kepada Kang Yana pendakwah di sekolah itu beliau berharap, “Semoga anak-anak dari sejak dini hingga sekarang ini marilah kita di sini menjadi akhlak yang mulia dan cerdas dalam segala hal dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan patut meneladani sifat dan contoh dari baginda nabi muhammad saw diutus oleh Allah SAW, sebagai suri tauladanĀ  karena saat ini kita masih mengalami yang namanya krisis keteladanan dari figur sosok seperti beliau. Jadi saya mengajak kepada para orang tua dan para guru semuanya di sekolah ini yuk kita contoh manusia yang sangat hebat beliaulah baginda nabi muhammad saw, kalau kita mengidolakan tokoh seperti spiderman, superman, ultraman itu hanya fiksi. Tapi kalo rasullullah itu adalah The Real contoh dan idola bagi kehidupan kita dan anak-anak sekarang ini, “ujarnya.

Tidak ada nabi-nabi yang lain yang bisa memberikan syafaat kecuali baginda nqbi muhammad saw. Dan saya sangat mensupport sekali kep.sek mulyadi, S.Pd menghadirkan saya sebagai “story stereal” pendongeng disini beda dari pendakwah seperti ustad-ustad dan lainnya yang di undang. Pesan saya yaitu,” kalo bisa sebelum belajar para guru setiap hari bagi anak-anak yang muslim sedikit demi sedikitĀ  coba di berikan cerita tentang sahabat nabi dan rasullullah, biar nereka nemahami dan menauladani figur sosok rasullullah, ” ucapnya.

Ditempat bersamaan Mulyadi S.Pd selaku kep.sek SDN 08 Karang Tengah juga menuturkan, “sekolah kami memiliki siswa/i sebanyak 443 orang dan 29 staff guru pengajar, terkait kegiatan acara maulid ini merupakan sebuah program kerja antara orang tua wali murid , komitee, korlas dan pihak terkait khusunya para guru dan panitia penyelenggara yang mensukseskan dan mensepakati kegiatan acara di tahun ajaran ini, “ucapnya.

Pesan saya yaitu untuk menauladani sifat dan akhlak dari Rasullullah yang wajib kita contoh dan tiru untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya untuk umat muslim di seluruh dunia juga siswa/i di sekolah saya ini. Harapannya agar dapat menghormati orang tua, guru dan orang lain dari kegiatan acara ini. Kenapa saya beda mengundang kang yana bukan ustad-ustad yang seperti biasanya tapi isinya sama, karena menurut saya beliau sangat akrab dan cocok secara pendekatan ke anak-anak dengan cerita dan dakwahnya yang nanti akan di sampaikan oleh beliau. Kebetulan saya sebagai kep.sek baru di sekolah ini, makanya saya ingin memberikan ide dan inovasi yang beda dari sekolah-sekolah yang lainnya dengan menghadirkan “kang yana” disekolah kami, “pungkasnya.

Diakhir penutupan wawancara Mulyadi S.Pd kep.sek SDN 08 Karang Tengah menuturkan tentang visi dan misi dari maulid nabi muhammad saw yaitu, “agar anak-anak didiknya kelak menjadi anak yang berkarakter yang bertakwa, beriman, berakhlak mulia, cerdas, menghormati dan kepedulian terhadap lingkungan. Dan penerapannya kedepan untuk mutu pendidikan disini, yang saya tekankan sebelum dimulai kegiatan belajar adalah berdoa menurut agama dan kepercayaannya dan kami banyak menerapkan praktikum pelajaran yang di pelajari terutama giat membaca kepada siswa/i kami. Agar kedepannya anak-anak ini menjadi kader-kader yang cerdas dan mampu bersaing seiring denganĀ  perkembangan jaman sekarang ini, “ujarnya. (gito rahmad)