DINAMIKAONLINE.COM, Jakarta – Indonesia akhirnya resmi memiliki pemimpin negara baru, usai Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029. Keduanya diambil sumpahnya di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Gibran Rakabuming Raka berkomitmen untuk menjalankan sumpah jabatan.

“Saya Prabowo Subianto dan saudara Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah untuk mempertahankan UUD kita, untuk menjalankan semua UU semua peraturan yang berlaku untuk berbakti kepada negara dan bangsa,” ungkap Prabowo.

“Sumpah tersebut akan kami jalankan dengan sebaik-baiknya,” tegas Prabowo.

Prabowo berjanji menjalankan pemerintah dengan tulus mengutamakan kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

“Dengan penuh rasa tanggung jawab, dan semua kekuatan yang ada pada jiwa dan raga kami, kami akan menjalankan kepemimpinan pemerintah RI, kepemimpinan negara dan bangsa Indonesia dengan tulus, dengan mengutamakan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, termasuk mereka yang tidak memilih kami,” paparnya.

Begitu juga dengan Gibran, bersumpah dalam Sidang Paripurna MPR, disaksikan oleh sejumlah anggota DPR/MPR RI, ketua partai politik, sejumlah tamu negara, serta para presiden dan wakil presiden Indonesia terdahulu.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Gibran.

Prabowo-Gibran resmi menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia setelah memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) dengan perolehan 96,2 juta suara atau 58,59% dari total suara sah nasional. (Red)