Dinamikaonline.com, Tangsel
Hj.Karlinah Umar Wirahadikusumah genap usianya ke-94 tahun, 30 Juli 2024. Syukuran diadakan di kediaman Teuku Umar 61, Menteng Jakarta, Sabtu (03/08/2024). Lahir di kota Bandung, 30 Juli 1930 wanita yang akrab dipanggil Lien ini memiliki dua anak, Rina Ariani dan Nila Shanti, 8 cucu dan 3 cicit. Dimulai pukul 11.00 wib dengan kawalan penuh anggota Paspampres, Lien menyambut kedatangan tamu di pintu utama diatas kursi roda.

Satu persatu keluarga besar dan tamu tampak hangat menyalami wanita yang pernah menjadi seorang guru SMP-SMU, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) 1978-1996, Yayasan Kesejahteraan AnaK Indonesia (YKAI), Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional dan Persit Kartika Chandra dengan mengucapkan ‘Selamat Ulang Tahun’. Dihadiri keluarga besar Djajakusumah Residence Serpong Tangerang Selatan, keluarga dari Bandung dan Bogor, kerabat, tamu VIP memenuhi kediaman yang tak jauh dari rumah dinas Gubernur DKI Jakarta dan Taman Suropati Menteng ini.


Suasana hangat penuh keakraban mewarnai suasana dihari ulang tahun istri mantan wakil presiden RI 1983-1988 ini, Umar Wirahadikusumah. Sosok Jenderal TNI-AD pertama yang menjabat sebagai wapres era Soeharto dan satu-satunya asal Sunda. Menikah di Bandung, 02 Februari 1957 hingga Umar wafat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Jum’at, 21 Maret 2003 usia 79 tahun dan dimakamkan di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kalibata Jakarta.

Sosok Jenderal sederhana dan tegas yang rutin berpuasa Senin-Kamis dan tunaikan sholat tahajud hingga akhir hayatnya. Mewakafkan Mesjid Raya Bani Umar (MRBU) di kawasan Tangerang Selatan. Acara ulang tahun ini berbarengan dengan usia pernikahan salah satu anak Ibu Lien, Nila Shanti dengan Iqbal Wilis ke-29 yang dikaruniai 3 anak laki-laki.

Acara tampak meriah dengan hiburan karaoke dari EO (event organizer) serta ramah tamah antar keluarga besar sambil menikmati aneka varian hidangan. “Saya berharap ibu Umar tetap sehat dan bahagia..”ujar salah seorang keluarga yang tinggal di Tangerang Selatan. Acara diakhiri dengan foto bersama dengan cucu, cicit, keluarga besar dan kerabat serta do’a yang dipimpin oleh Ust.Najmuddin. Dengan harapan bersama, semoga ibu Umar senantiasa sehat dan Allah swt berkahi hidupnya, aamiin. (AM)