PENDIDIKAN

Kurikulum Madani Sekolah Insan Cendekia Madani(ICM),Pendidikan Karakter Anak Jadi Komitmen ICM Mewujudkan Boarding School Yang Holistik

Tangerang selatan – Pendidikan sekolah untuk anak adalah hal penting yang tidak boleh diremehkan. Dengan memberikan pendidikan terbaik, anak dapat dengan mudah memahami pelajaran dan mendapatkan banyak wawasan secara global, sehingga masa depan anak lebih terencana dan terjamin. Dalam hal pendidikan, Memilih sekolah dengan fasilitas lengkap adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orangtua.

International Boarding School Insan Cendekia Madani merupakan salah satu tempat yang menyediakan kegiatan belajar mengajar yang mengembangkan keunikan siswa untuk menciptakan karakter pemimpin dengan karakter islami dan mengambil bagian untuk mewujudkan karakter masyarakat sipil yang kompeten.

Membuka tahun ajaran 2024/2025 dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), siswa/i Sekolah Insan Cendekia Madani(ICM) diperkenalkan dengan Kurikulum Madani milik ICM yang ditujukan untuk memperkuat pendidikan karakter para peserta didik. ICM yang berada di bawah naungan Yayasan Edukasi Sejahtera (YES), dengan Dewan Pembina Bapak Tamsil linrung dan Bapak Irwardi Anwar, serta Bapak Muhammad Ardifa Rizki selaku Ketua pengurus yayasan. YES berkomitmen untuk memperkuat pendidikan karakter peserta didiknya untuk mewujudkan layanan pendidikan Boarding School yang holistik bagi masyarakat dengan menerapkan Kurikulum Madani. Dengan kurikulum ini, nantinya akan memperkuat program pendidikan karakter dan kepemimpinan di ICM, sehingga siswa ICM tidak hanya sukses secara akademik, namun juga memiliki kualitas moral yang baik.

Kurikulum Madani milik ICM merupakan metode yang dibentuk secara komprehensif dengan melakukan kolaborasi antara Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Keislaman yang diperkuat oleh Ewan Institute dari Jordan (Yordania). Memadukan ketiga kurikulum ini nantinya akan membantu meningkatkan kemampuan para siswa/i tidak hanya dari sisi akademik, namun juga dari sisi non-akademik. Sehingga setiap kegiatan yang dijalankan oleh peserta didik selama masa Boarding akan mempermudah mereka dalam mempelajari dan mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan, integritas, tanggung jawab,kejujuran,kerjasama,dan rasa empati. Serta membantu siswa dalam mengembangkan kepribadian yang seimbang dengan nilai-nilai keislaman.

Acara ini dihadiri oleh Dewan Direksi ICM, yakni Bapak Muhammad Ari Ramadhan selaku Direktur Utama, Bapak Dani Mohammad Ramdani selaku Direktur Akademik,Bapak Bambang Eko Nugroho selaku Direktur Training & Development, Bapak Mohamad Husni selaku Direktur Kepengasuhan, Ibu Ainun Khaerani selaku Direktur Keuangan, dan juga Ketua Osis SMA ICM, Tan Nisa Ramadaniya. Dewan Direksi Memaparkan bahwa dengan Kurikulum madani ICM akan mengasah kemampuanAkademik melalui berbagai kegiatan seperti Student Service, khusus SMA, Community Service, Daurah dan kegiatan lain yang merupakan termasuk kegiatan dengan eksposur nasional. Sementara untuk eksposur internasional, ICM memberikan kegiatan lain seperti Student Exchange,Jordan Overseas Program, Student Immersion, dan Cambridge Exam sebagai penyempurna kegiatan internasional dan Kurikulum Cambridge yang ada di dalam Kurikulum Madani ICM.

“Kegiatan yang sudah ICM rancang dengan eksposur nasional dan internasional ini kami harapkan akan memberikan kesempatan kepada anak selama masa Boardingnya untuk melakukan eksplorasi melalui berbagai macam pengalaman yang didapatkan dari kegiatan-kegiatan tersebut. Sehingga dapat menjadi jalan untuk meningkatkan kemampuan dan potensi anak yang tentu saja tetap dibersamai dengan nilai-nilai keislaman yang kuat. Dengan harapan kemudian harinya anak akan menjadi pribadi yang berbakat, dengan kemampuan kepemimpinan islam yang tinggi pula,” papar Bapak Dani Mohammad Ramdani selaku Direktur Akademik (rabu 26/07).

Selama program kegiatan pembinaan dan pelatihan kepemimpinan ICM selama MPLS di tanggal 27-28 Juli 2023 ini, ICM akan bekerja sama dengan Kodikiat TNI dan akan dilaksanakan di Markas Kodiklat TNI, dengan tujuan untuk semakin memperkuat jiwa kepemimpinan dengan metode Latihan Dasar Kepemimpinan yang tepat. Sehingga siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan akademik dan keislaman yang berkualitas, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan dan kontribusi positif dalam masyarakat.

Kurikulum Madani di ICM melibatkan kolaborasi antara guru, staf sekolah, dan ahli pendidikan untuk memastikan konsistensi dan integrasi nilai-nilai karakter dan keislaman dengan mata pelajaran lainnya. ICM terus mengevaluasi dan meningkatkan kurikulum agar tetap relevan dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.

Dengan demikian, ICM sebagai Boarding School yang holistik dapat memberikan pendidikan karakter yang integral bagi siswa secara keseluruhan. Melalui Kurikulum Madani, ICM berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang terjamin kepada masyarakat Indonesia pada umumnya,dan juga masyarakat Tangerang Selatan pada khususnya.

(Lp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button