PERISTIWAPOLRITNI


Pagelaran budaya wayang kulit lakon “Wahyu Mahakutharama” dengan dalang Ki bayu aji, ki yanto, ki sri kuncoro, dan ki harso widisantoso dalam rangka sinergitas dan solidaritas TNI -POLRI pada hari Jum’at 03 Februari 2023 di lapangan bhayangkara mabes polri jl trunojoyo jakarta. Acara ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat dan elemen bangsa. Dan dalam acara ini,masyarakat bisa menyaksikan, menikmati makanan dan minuman secara gratis. Bahkan terdapat doorsprize dan grandprize yang akan dibagikan.

pagelaran seni budaya ini, banyak makna filosofis yang bisa diambil hikmahnya untuk diimplementasikan. Mulai dari nilai luhur, sikap kesatria, hingga jiwa kepemimpinan. Pesan moral yang terkandung dalam lakon Wahyu Makutharama mengenai ajaran kepemimpinan. Nilai yang terkandung dalam Wahyu Makutharama bahwa seorang pemimpin harus meneladani delapan sifat dewa yang disebut Hasta Brata seperti watak bumi (tanah), watak baruna (samudra), watak api (Agni), watak angin (Maruta), watak matahari (Surya), watak rembulan (candra), watak bintang (lintang), watak mendung (awan) selain itu dan untuk menciptakan rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah yang diberikan kepada semua makhluknya yang berupa nikmat sehat, keselamatan, terhindar dari bencana dan malapetaka yang menimpa.
terlebih lagi dalam rangka memimpin negara dan bangsa, harus terjadi sinergi dan harmonisasi antara jagad kecil dengan jagad besar.

(Lp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button