BANTENPENDIDIKAN

SDN Karang Tengah 8 Gelar Giat P5, Happy Market Day Bertema “Festival Jajanan Nusantara”

Kota Tangerang – Dinamikaonline.com
Bertepatan dengan kegiatan acara P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan sekaligus pengambilan raport dari kelas 1 – kelas 6 di SDN Karang Tengah 8 kota tangerang mengadakan giat Happy Market Day bertema festival jajanan sekolah dan sekaligus acara pagelaran pentas seni dan tari dari berbagai daerah. Yang menarik saat disambangi oleh awak media dinamikaonline.com terlihat berbagai pameran expo kuliner dari siswa/i tersebut disajikan disana bertema dari berbagai daerah mengusung jajanan nusantara. Acara dimulai dari jam 08.00 s/d Selesai berlokasi di lapangan sekolah dari kuliner itu tampak masakan jajanan ditampilkan ada dari daerah papua, makasar, sumatera utara, bali, sunda, jawa, betawi, dan sebagainya pada hari Sabtu (17/12/2022).

Tampak tamu undangan yang hadir diantaranya Mulyadi S.Pd selaku Kep.sek SDN Karang Tengah 8, Windi Antika S.Pd, selaku Ketua Panitia Pelaksana Acara, Juariah selaku Ketua Komitee, Wali murid siswa, Korlap dan Korlas dan Staff Dewan Guru Pengajar, Seluruh siswa/i dan Masyarakat Setempat.

Saat wawancara langsung diruangan kantor  dengan kep.sek SDN Karang Tengah 8 Mulyadi S.Pd menjelaskan, “Alhamdulillah, kegiatan ini kita adakan sekaligus pengambilan raport juga happy market day bertema festival jajanan sekolah. Dimana kegiatan ini kita ambil dari pengembangan program P5 dalam kurikulum merdeka dari kelas 1 dan kelas 4. Tetapi kegiatan ini kita meriahkan dari semua siswa/i kelas 4, 5 dan 6 yang kita libatkan untuk tampil pentas semuanya. Dan kuliner jajanan ini yang kita tampilkan juga dari berbagai daerah bertujuan untuk menciptakan enterpreneurship kewirausahaan sejak usia dini dan menjalin kebersamaan, semangat gotong royong, belajar kelompok dan kerja keras kelak mereka dapat memiliki jiwa kewirausahaan mudah-mudahan menjadi pengusaha, “Tegasnya.

Untuk memeriahkan di kegiatan acara tersebut tujuannya, agar orang tua murid juga terhibur dengan pentas panggung yang kita sediakan. Dan juga saya bersyukur artinya kuliner tersebut yang disajikan oleh siswa/i kami habis dan laku terjual dan merupakan ini pertama yang kita pelopori di SDN Karang Tengah 8, insha allah kedepannya kita akan adakan event-event berikutnya dengan meriah lagi dan melibatkan juga orang tua murid dan siswa/i bekerjasama dari awal proses pembuatan, pengolahan, kemasannya nantinya mereka belajar dalam penjualannya, “Ujar Mulyadi S.Pd.

Ditambahkan olehnya, mudah-mudahan di akhir tahun depan nanti kita akan adakan kegiatan pensi (pentas seni) nantinya juga kita akan buat stand bazaar umum. Ini termasuk program jangka panjang dan proses bertahap kedepannya misalnya ada kegiatan sains day, bulan bahasa dalam proses pembelajaran. Harapannya semoga yang kita inginkan mereka dapat menyerap sebanyak dan seoptimal mungkin ilmu yang kita terapkan dari pengalaman yang didapat sekarang ini mereka dapat mengaplikasikan juga mempraktekkan di kemudian hari.

Ditempat bersamaan Windi Antika S.Pd selaku ketua panitia penyelenggara market day juga menjelaskan, “kita adakan kegiatan di SDN Karang Tengah 8 ini dari implementasi program kurikulum merdeka belajar dan berbagi. Dari kegiatan P5 ini bertujuan agar mereka memiliki ketrampilan dari pelajaran-pelajaran disekolah untuk dikehidupan kedepannya dapat di terapkan sehari-hari. Kebetulan kegiatan ini bertema kewirausahaan “Enter Preneurship Learning and Team Work” dan ada di P5 tersebut mengusung kearifan lokal tentang Kuliner Jajanan Nusantara yakni keragaman makanan khas daerah. Dilsini kita ada stand dari makanan khas jogyakarta, bali, makasar, bandung, palembang, papua dan lainnya itu yang kita tonjolkan di market day ini, “tegasnya.

Peserta dari kegiatan P5 itu khusus dari kelas 1 dan 4, kelas 5 dan 6 hanya berpartisipasi saja. Dari penampilan siswa/i yang tampil kita meriahkan penampilan dengan tari-tarian dari khas daerah aceh yakni beungeun jumpa, Tarian ampar-ampar pisang dari kalimantan, tarian manuk dadali dari sunda dan sebagainya. Ditambahkan olehnya insha allah kedepannya nanti kita akan tampilkan pentas seni yang mengusung keanekaragaman khebinekaan tunggal ika dari nusantara tentang pakaian adatnya.

“Jadi harapan saya kedepannya semoga ada kerjasama dari pihak sekolah, komitee, walimurid juga pihak dewan guru pembimbing, bisa terlaksana dengan lebih baik lagi acara kegiatan ini nantinya, “Ucapnya.

Juariah selaku Komitee SDN Karang Tengah 8 juga berujar, “Bahwa kami sangat bangga dan alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan saya sangat mendukung sekali berkat kerjasama kepala sekolah, dewan guru pembimbing dan wali murid semua kami sangat terhibur berkat pelopor dari beliau Mulyadi S.Pd selaku Kep.sek dalam memberikan terobosan dan gagasan idenya demi kemajuan pendidikan khususnya di SDN Karang Tengah 8. Dan menurut saya anak-anak dapat termotivasi dengan adanya kegiatan market day ini. Semoga kedepannya kegiatan tersebut dapat di adakan kembali dan lebih meriah lagi acaranya, “pungkasnya.

(Gito Rahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button